CARA MELATIH TIMMING SAAT SMASH

Timming saat smash


Timing yang tepat pada saat smash menentukan kekuatan pukulan yang dihasilkan. Terkadang, ketika timming kita tidak tepat, pukulan yang dihasilkanpun akan memble, dan tak bertenaga,. Untuk itulah diperlukan latihan yang tepat gar timming kita saat meloncat dan memukul bola bisa lebih baik lagi.

Bagi anda yang berlatih di klub mungkin teori ini sudah sangat biasa. Namun bagi anda yang berlatih secara autodidak tentu tips ini bisa membantu anda.

Berikut cara melatih timing smash bola voli agar pas/tepat :

1. Gerakan melangkah kaki
Melakukan timing smash memang mengharuskan kita berlatih untuk terus melakukan gerakan kaki dengan sangat pas. Latihlah langkah anda dari berapa langkahkah anda akan melakukan smash, perkirakan arah datangnya bola dari tosser, dan lompatlah setinggi-tingginya sampai anda menemukan timming yang pas.
Melakukan gerakan timing membuat kita harus bisa berjalan dengan sangat perlahan. Berlari atau berjalan terburu-buru hanya akan membuat timing smash anda tidak membuahkan hasil dengan maksimal.

2. Melatih perantara dinding
Berlatih timing smash dengan bantuan pantulan dinding itu akan sangat baik untuk membuat anda lebih bisa melakukan timing dengan baik. pose pemantulan ke dinding itu juga memiliki kesamaan ketika anda menggunakan bola langsung. Jika ingin mendapatkan hasil smash dengan baik maka anda harus mencoba teknik ini. melakukan ini juga akan membuat anda menjadi terbiasa dan tidak akan canggung lagi. lakukan saja secara rutin agar nanti hasil timing smash anda memberikan hasil yang maksimal.


3. Berlatih tapa menggunakan bola
Anda bisa berlatih seolah-olah melakukan smash di depan net, atau ketika anda di rumah dengan menggunakan alat sederhana seperti menggantung balon di atap. berlatih timing smash namun tidak menggunakan bola akan membantu anda untuk menjadi terbiasa. Kebiasaan itu tentu akan sangat baik manfaatnya ketika anda sudah mahir dan anda akan memegang bola langsung. Cara ini cukup membantu jika di lakukan secara rutin. Lakukan gerakan ini sampai anda rasa sudah mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Biasakan melatih otot tangan
Melakukan gerakan timing smash itu akan sangat memerlukan gerakan otot tangan. Maka dari itu melakukan olahraga yang memang memiliki manfaat untuk memperkuat otot tangan itu memiliki manfaat yang sangat baik. olahraga seperti apa sih yang bisa memiliki manfaat baik untuk otot tagan? Anda bisa melakukan push uap, pull-up, dan joging dengan membawa barbel, yang sangat baik untuk bisa di lakukan di rumah.


Demikian cara sederhana untuk melatih timming yang pas ketika melakukan smash. Anda bisa melakukan variasi lainnya saat latihan. Dan jangan lupa, konsisten dalam lmelakukannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »