TUGAS DAN WEWENANG WASIT 1 DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

 
Wasit 1 Bola Voli
Bagi pemain bola voli baik itu profesional maupun amatir tentu harus mengetahui apa saja yang menjadi tugas serta wewenang dari wasit satu yang menjadi pengadil di lapangan, jangan sampai terjadi mis komunikasi diantara pemain dan pengadil lapangan.

Dan Tentunya bagi anda penggemar bola voli yang sudah tahu mengenai peraturan permainan bola voli, karena secara tidak langsung ketika kita bermain bola voli pasti kita juga mematuhi peraturan bola voli secara umum. Namun untuk lebih detail mengenai hak dan wewenang wasit masih banyak yang kurang mengerti.

Dalam sistem perwasitan dalam bola voli, wasit bisa dikatakan sebagai pengadil / juri dalam olahraga apapun, tetapi dalam permainan bola voli ini wasit bola voli terdiri dari beberapa orang dan berbeda tugasnya. walaupun yang menjadi bagian utama adalah wasit utama. dan wasit yang lain mempunyai tugas masing-masing. untuk lebih jelasnya akan kita jelaskan mengenai Tugas Wasit satu bola voli. Sebelum kita mengenal lebih lanjut tugas wasit 1, ada baiknya kita pelajari dulu mengenai susunan perwasitan dalam permainan bola voli,
Adapun susunan wasit bola voli adalah sebagai berikut :
  1. Wasit I
  2. Wasit II
  3. Pencatat Skor / Scorer
  4. Hakim Garis
Dalam perwasitan bola voli wasit yang berhak meniup peluit adalah wasit utama yaitu wasit I, wasit satu juga memberikan isarat untuk melakukan servis sebagai penanda dimulainya sebuah pertandingan bola voli. wasit satu dalam memimpin pertandingan dibantu dengan wasit II. Untuk lebih jelasnya mengenai Tugas Wasit satu berikut rinciannya :

TUGAS DAN HAK WASIT 1 DALAM BOLA VOLI
Tanggung Jawab Wasit 1

A.   Sebelum pertandingan dimulai, yang harus dilakukan wasit I adalah :
1.     memeriksa keadaan / kondisi lapangan permainan, bola dan perlengkapan lainnya.
2.     melakukan undian ( toss ) dengan kedua kapten
3.     mengawasi kedua regu melakukan pemanasan

B.   Hak wasit 1 selama pertandingan bola voli berlangsung :
1.     Memberikan Sanksi salah sikap dan memperlambat
2.     memutuskan tentang :
-        Kesalahan dari server dan posisi regu yang melakukan servis, termasuk pertabiran
-        Kesalahan dalam memainkan bola
-        Kesalahan di atas net dan paling atas net ( di daerah seberang )

Kekuasan ( Hak ) Wasit I
1.     Wasit I memimpin pertandingan dari awal sampai akhir, dia mempunyai kekuasan ( hak) pada seluruh perugas dan pada anggota kedua regu tersebut. Selama memimpin pertandingan keputusan wasit I adalah mutlak, dia mempunyai hak untuk membatalkan keputusan dari petugas lainnya, jika menurut pendapatnya bahwa merekalah yang salah. Wasit I dapat pula menggantikan salah seorang petugas seandainya penampilannya tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.
2.     Wasit I juga mengawasi tugas dari penjaga bola, pembersih lantai dan pengepel khusus.
3.     Wasit I mempunya hak memutuskan sesuatu untuk kelancaran permainan termasuk peraturan yang tidak tercantum
4.     Wasit I tidak melayani setiap pertanyaan tentang keputusannya. bagaimanapun, atas permintaan kaptain playing wasit I dapat memberikan penjelasan atas pertanyaan tersebut, atau memberikan penafsiran peraturan permainan dengan dasar yang dapat diterima. Apabila Captain Playing tidak dapat menerima penjelasan tersebut, untuk membuktikkan kebenarannya dapat dilakukan dengan mengajukan protes pada akhir pertandingan tentang masalah tersebut, selama wasit I harus mengizinkannya.
5.     Wasit I berhak menentukan sebelum dan selama pertandingan tentang baik tidaknya lapangan permainan, segala peralatan ( perlengkapan ) dan keadaan dari lapangan tersebut memenuhi syarat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »