TUGAS HAKIM GARIS BOLA VOLI


Hakim Garis Bola Voli

Agar pertandingan berjalan dengan lancar,  perlu adanya koordinasi dari setiap wasit dan tentunya berdasarkan dengan ketentuan peraturan yang sudah ditetapkan. Berikut ini akan kami coba jelaskan tugas dan tanggung jawab hakim garis bola voli, agar rekan penggemar dan pemain voli tidak salah dalam memahami isyarat wasit di lapangan.

Dalam pertandingan resmi bola voli setiap laga Internasional ataupun resmi menggunakan 4 ( empat ) orang hakim garis, yang berdiri dalam daerah bebas pada jarak 1-3 meter dari tiap sudut lapangan mengawasi garis akhir samping pada disisinya masing-masing. Pada hakim garis harus mengibarkan dengan isyarat bendera sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau pelanggaran dan menahan isyarat beberapa saat.

Posisi Wasit Dan Pembantunya
Dalam pertandingan bola voli seorang hakim garis mempunyai tanggung jawab dan harus melaksanakan tugasnya dengan memakai bendera yang berukuran 30 x 30 cm,

Tanggung jawab hakim garis adalah sebagai berikut :



  • Mereka memberikan isyarat bendera ketika bola masuk dan keluar pada saat bola jatuh dekat dengan garis-garis mereka.
  • Jika menggunakan 2 hakim garis, mereka harus berdiri di sudut yang beseberangan atau diagonal pada sudut bebas agar dapat mengawasi garis belakang dan garis samping yang terdekat dengannya.
  • Mereka memberikan isyarat bahwa bola menyentuh regu penerima dan keluar
  • Mereka Memberikan isyarat bahwa bola menyentuh antena ( rod). bola yang diservis melewati net di luar daerah penyeberangan bola dan lain sebagainya.
  • Mereka memberikan isyarat jika para pemain ( kecuali server) berdiri diluar lapangan pemainan pada saat melakukan servis.
  • Hakim garis yang bertugas pada garis akhir memberikan isyarat kalau kaki server salah atau menginjak garis pada saat servis dan bola belum melewati net.
  • Atas perminataan hakim garis I (pertama) seorang hakim garis harus mengulangi isyaratnya.
  • Demikian penjelasan mengenai tugas dan kewajiban hakim garis dalam permainan bola voli, semoga bermanfaat untuk rekan volinesia.

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »