PROFIL KLUB VOLI ALKO BANDUNG

Alko Bandung di Livoli 2016
Bagi para penggemar bola voli nasional tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Alko bandung, salah satu nama yang sering menghiasi dunia voli Nasional. Klub yang satu ini telah melahirkan sederet atlit nasional yang kini sedang bersinar terang seperti Yolla Yuliana, Wilda Siti Nurfadillah, Aprilia Manganang, dan Amalia Fajrina.
Yolla Yuliana dkk saat masih Junior di Alko

Persatuan Bola Voli ALKO Bandung  (PBV ALKO) merupakan salah satu klub bola voli amatir tertua di Jawa Barat, yang telah berdiri sejak tahun 1976 di kota Bandung. Dengan pengalaman yg cukup panjang, hingga kini PBV ALKO telah menjalankan berbagai misi, diantaranya :
  1. Menyelenggarakan kegiatan pelatihan bola voli untuk menghasilkan tim bola voli yang tangguh dan berprestasi optimal.
  2. Mengembangkan atlit-atlit berbakat dan potensial untuk dilatih dan dibina menjadi atlit yang andal sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan beberapa event berskala regional dan nasional dalam rangka memajukan bola voli tanah air.
 
Alko Bandung di Proliga 2011
ALKO Bandung telah cukup lama menjalankan sekolah bola voli. Saat ini siswa yang aktif berlatih berkisar 300 orang. Kegiatan sekolah ini dilaksanakan di sebuah GOR dengan 5 (lima) lapangan voli yang berlokasi di Pasar Kosambi Bandung lantai 5. GOR ini dikelola sendiri oleh klub.

Selain beberapa event yang telah berhasil diselenggarakan seperti Kejuaraan Bola Voli Junior Piala Gubernur Jabar tahun 2007 dan Kejuaraan Bola Voli Putri se-Jawa tahun 1992, ALKO telah pula melahirkan beberapa atlet dan pelatih terkemuka di lingkup Jabar maupun Nasional.

Pada 2011 Alko sempat berlaga di pentas Proliga dengan amunisi mudanya seperti wilda, yolla, aprillia, dan amalia yang saat itu masih hijau. Dan saat itu hanya menempati peringkat buncit klasemen. Namun kini Alko telah memetik hasil dari pembinaan mereka, dimana banyak hasil binaan klub mereka yang telah menjadi bintang voli nasional dan ikut mengantarkan Jawa Barat meraih emas dua kali beruntun di ajang PON 2012 dan 2016 di sektor voli putri.

Visi & Misi ALKO Bandung
Sebagai sarana yang memfasilitasi terciptanya prestasi, sejumlah visi telah dicetuskan Alko Bandung. Pertama, prestasi merupakan maha karya tertinggi yang dilahirkan dari proses pembelajaran dan pelatihan yang berjenjang. Dengan demikian, pemberdayaan klub harus menjadi media pendukung yang lengkap bagi setiap potensi atlitnya.

Kedua, prestasi harus mampu memenuhi perkembangan dan progresifitas dari  kemajuan dunia bola voli. Dengan demikian, program pelatihan dengan menggunakan pendekatan multi dimensional untuk memberdayakan pembelajarannya akan mampu mengikuti dan mengatasi berbagai perkembangan bola voli tersebut. Ketiga, prestasi akan menciptakan kemandirian dan profesionalisasi yang nantinya akan menggiring setiap potensi individu menuju ke-kolektifitasan yang menghasilkan prestasi nasional. Keempat, keterkaitan antar klub yang memiliki komitment  kuat terhadap prestasi baik di tingkat regional maupun nasional merupakan salah satu faktor penentu untuk mencapai prestasi Nasional. Terakhir, klub dengan menggunakan pendekatan ke-ilmuan dalam proses penciptaan prestasi, merupakan  benteng terdepan dari lahir dan berkembangnya prestasi.

Sebagai konsekuensi logis dari visi yang dikembangkannya, Alko Bandung memiliki misi untuk:
  1. Menyelenggarakan kegiatan pelatihan bola voli untuk menghasilkan tim bola voli Alko yang tangguh dan berprestasi optimal.
  2. Mengembangkan kemampuan dasar, bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak-anak dan para remaja untuk menjadi atlet bola voli Alko yang terampil, berilmu dan berwatak baik.
  3. Mengembangkan atlit-atlit berbakat dan potensial untuk dilatih dan dibina menjadi atlit yang andal sehingga mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  4. Membentuk tim bola voli Alko yang tangguh yang dapat mengangkat popularitas   Perkumpulan/Klub bola voli Alko di hati masyarakat Indonesia secara komprehensif.
  5. Meningkatkan kesan positif (corporate Image) masyarakat terhadap keberadaan dan profesionalisme kinerja Perkumpulan/Klub Bola Voli Alko.
 
Gor Alko Bandung di lt 5 Pasar Kosambi
PBV ALKO BANDUNG
SEKRETARIAT & PUSAT PELATIHAN
Alamat                       : Jl. Gambir No. 1, Kosambi, Bandung, 40273. Jawa Barat, Indonesia
Telepon                      : 022-7313703
Fax                             : 022-7313703
Mess Atlit                  : Jl. Gambir No. 4 Kosambi – Bandung 40273
Pusat Pelatihan       : Pasar Kosambi, lantai. 5, Jl. Ahmad Yani, Bandung.

Bagi anda yang berminat menyekolahkan putera puterinya di sekolah voli Alko Bandung, bisa menghubungi nomor di atas. Semoga info ini berguna dan bisa membantu volimania semuanya di Indonesia.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »