ARTI KODE JARI DAN ISYARAT TOSSER/SETTER BOLA VOLI




 

Dalam sebuah permainan setiap pemain dalam tim harus selalu berkoordinasi dengan pemainnya. Untuk menjaga kerahasiaan variasi serangan yang akan dilakukan oleh sebuah tim, biasanya banyak dari mereka menggunakan berbagai kode atau isyarat yang hanya dimengerti oleh rekan satu timnya saja.

Kunci permainan bola voli ada di seorang pengumpan/tosser, oleh karena itu, seorang tosser/setter dituntut untuk kreatif ketika pertandingan sedang berlangsung. Biasanya seorang tosser memiliki kode tertentu dalam memberikan umpan atau dalam mengantisipasi serangan lawan. Bisa dengan isyarat gestur tubuh, seperti alis mengangkat, kode jari, gelengan kepala, dan cara lainnya tergantung kesepakatan teman lainnya dalam membuat tanda.

 
Kali ini kami ingin mencoba berbagi tips dan trik memberi tanda dengan jari. Pada setiap pertandingan bola voli, pasti anda pernah atau sering melihat antar pemain memberi kode dengan 1 jari, 2 jari atau jari melingkar (=nol). Kode ini sudah baku secara nasional,internasional atau setiap regu punya arti masing. 

Berikut beberapa kode jari tosser yang biasa dipergunakan :
  1. Meluruskan jari tengah dan telunjuk: 2 org yg disamping tosser siap siap menggunakan teknik "smash-pass" tipuan / variasi.
  2. Membuat angka nol: digunakan ke pemain belakang agar menahan hasil servis dgn langsung pass kepada orangg yang memberi kode
  3. Memberi kode dua jari tengah dan telunjuk, berarti memberikan dua bola di atas net.
  4. Memberi kode tiga jari, yang berarti tosser akan memberikan bola kepada spiker di belakang garis 3 meter.
  5. mengepalkan tangan pertanda serangan bola cepat.
  6. Menekan telunjuk dengan jempol berarti tosser akan memberikan bola quick dan bola pertama harus didorong bukan dilambung.
  7. 1 jari (telunjuk): mempassing kepada orang yg memberikan kode
  8. Jempol dan kelingking: tukar gaya servis
  9. Telunjuk dan jempol dengan jempol tangan kanan/ kiri: berikan servis atau smash kearah pemain belakang kanan/kiri
  10. Tangan seperti menekan ke bwh: biarkan bola
1   Dan masih banyak lagi kode yang bisa kita gunakan. Beberapa dari kode tersebut, tentunya menuntut suatu teknik andalan kami seperti "smash-pass" dll.

Memang dalam pelaksanaannya perlu kerjasama dan koordinasi yang kompak dari rekan satu tim. Seperti variasi bola tumpuk, dimana quicker melompat dari arah luar sedangkan open spiker berlari setelah quicker untuk mengecoh blok lawan. Atau variasi tumpuk berjalan namun tosser memberikan bola kepada spiker yang berada di posisi belakang garis 3 meter.
 
Memang untuk permulaan akan terasa cukup sulit, bahkan dalam melakukan praktek vareasi sering terjadi tabrakan akibat salah pengertian. Tetapi apabila sering berlatih dan sering dilakukan, maka variasi akan berjalan dengan baik dan mejadikan sebuah permainan yang sangat indah untuk di tonton. 

Untuk membentuk variasi yang kompak dan indah diperlukan latihan secara  terus menerus agar terjadi saling pengertian di lapangan. Dan usahakan untuk selalu berlatih variasi dengan durasi yang berbeda-beda serta variasi yang tidak monoton.

Catatan : Setiap tim memiliki kode jari yang berbeda-beda atau bisa di sebut kode rahasia sebuah tim. 

Sekian pembahasan kode jari tosser dalam permainan bola voli, semoga semakin menambah pengetahuan kita tentang bola voli.

Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »