MESKI KALAH DARI JEPANG, TIMNAS INDONESIA ALAMI PENINGKATAN PERMAINAN



Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tim Jepang dalam final VTV Cup 2017
Timnas bola voli putri Indonesia akhirnya harus puas sebagai runner-up turnamen Piala VTV 2017. Skuat Merah Putih dikalahkan timnas Mahasiswa Jepang dengan skor 0-3 (14-25, 19-25, 14-25) pada partai final yang berlangsung di GOR Nha Thi Dau, Hai Duong, Vietnam, Sabtu (15/7/2017).

Tim Jepang yang dipersiapkan menghadapi Universiade di Taiwan, Agustus mendatang itu tidak kehilangan satu set pun dari lima laga yang dijalani pada 8-15 Juli ini.

Sebelumnya, Indonesia kalah 0-3 dari Jepang pada babak penyisihan Grup B.
Prestasi tahun ini lebih baik dari 2016. Saat itu, tim Indonesia yang diwakili klub BVN Bekasi plus meraih peringkat ketiga.

Pada laga yang berlangsung di GOR Nha Thi Dau, Hai Duong, Vietnam, Sabtu (15/7/2017), Indonesia mengalami kekalahan 0-3 (14-25, 19-25, 14-25) dari Jepang.

Jepang memang tampil begitu impresif pada pertandingan ini. Mereka sanggup mengantisipasi tekanan yang dilancarkan oleh Aprilia Manganang dkk.

Pada set pertama, Jepang banyak mendulang angka berkat kepiawaian mereka dalam memblok bola. Di sisi lain, pertahanan Indonesia juga kurang optimal saat menerima serangan.

Indonesia mulai menunjukkan kebangkitan pada set kedua. Sejumlah serangan yang mereka lancarkan sukses merepotkan para pemain Jepang hingga skor menunjukkan angka 10-10.

Pertandingan berjalan semakin menarik karena Indonesia mampu mengungguli perolehan poin Jepang. Akan tetapi, situasi berubah pada pengujung set kedua dan Jepang akhirnya kembali mengantongi kemenangan.

Kalah dua set beruntun, Indonesia pantang menyerah. Tim asuhan Risco Herlambang mencoba untuk memperbaiki permainannya dan berhasil mencatatkan keunggulan 10-9 atas Jepang.

Namun, lagi-lagi performa Indonesia mengendur. Jepang bermain lebih cekatan melalui pukulan-pukulan cerdik yang gagal diantisipasi para pemain Indonesia.
Pertandingan set ketiga akhirnya dimenangi oleh Jepang dan mereka berhak menggondol gelar juara VTV International Volleyball Cup 2017.
Wilda Siti Nurfadillah melancarkan smash ke arah pemain Jepang
Meski Indonesia kalah, pencapaian mereka pada tahun ini sudah melampaui edisi sebelumnya. Pada tahun lalu, Indonesia hanya menduduki urutan ketiga.

Menurut pelatih timnas putri Indonesia, Risco Herlambang, perlawanan tim asuhannya menghadapi Jepang meningkat dibanding pertemuan pada babak penyisihan.

Menurut Risco, tim mahasiswa Jepang ini sangat bagus, baik secara tim maupun individu.

"Mereka sangat kompak dalam permainan sehingga anak-anak kesulitan menghadapi Jepang," ujar Risco.

Risco mengatakan bahwa dia mendapat banyak pelajaran berharga dari event tahunan ini.

"Dari latihan selama sebulan di Padepokan Voli Sentul, hasilnya bisa kami lihat di Vietnam ini," ucap mantan libero timnas putra ini.

Tim Indonesia yang disiapkan menuju SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia yang akan berlangsung 19-30 Agustus ini mengantar dua pemainnya meraih gelar individu.

Aprilia Manganang mendapat penghargaan sebagĂ i spiker terbaik, sedangkan kapten tim, Wilda Siti Nurfadillah menjadi blocker terbaik. 

Adapun Vietnam A menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan tim asal Korea Selatan, Suwon City 3-0.

Berikut peringkat lengkap VTV Cup 2017.
1. Jepang
2. Indonesia
3. Vietnam A
4. Suwon City Korsel
5. Vietnam B
6. China
7. Thailand

Artikel Terkait

Previous
Next Post »