TIMNAS INDONESIA BANTAI ARAB SAUDI 3-1

Rendi Tamamilang dan Antho Bertyawan mencoba memblok smash pemain Arab Saudi. Sumber : Jawapos.com
Timnas voli putra Indonesia meraih hasil gemilang pada pertandingan pertama 19th Asian Senior Men's Volleyball Championship 2017, Senin (24/7) siang WIB. Rendy Tamamilang cs menundukkan tim kuat Arab Saudi dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 22-25, 26-24) di GOR Tri Dharma, Gresik.

Samsul Jais sebagai pelatih timnas Indonesia menurunkan komposisi terbaiknya di pertandingan ini. Samsul memainkan Sigit Ardian, Mahfud Nurcahyadi, Antho Bertiyawan, Rendy Tamamilang, Rivan Nurmulki, Aji Maulana, dan libero Delly Dwi Putra.

Bermain di laga perdana Kejuaraan Voli Asia 2017, Indonesia mengandalkan Sigit Ardian, Rendy Febriant Tamamilang, Mahfud Nurcahyadi, Antho Bertiyawan, Aji Maulana, Rivan Nurmulki, dan Delly Dwi Putra Heryanto sebagai libero.

Bermain dengan dukungan penuh dari publik Kota Gresik membuat Indonesia langsung menyerang sejak set pertama. Hegemoni Indonesia tak tertahankan setelah unggul 8-6 dan 16-15 pada technical time out (TTO) pertama dan kedua. Sempat ditahan 22-22 di pengujung set, Indonesia mengakhiri set pertama dengan kemenangan 25-23. Tim yang baru dua bulan berlatih ini tampak belum begitu solid. Banyak penerimaan bola pertama yang tidak bagus. Selain itu, banyak service serta smes yang memberikan poin untuk Arab Saudi. Meski demikian, Aji dan kawan-kawan mampu memenangi game pertama.

Permainan apik Indonesia berlanjut pada game kedua. Kali ini Indonesia tampil sangat baik dan rapi. Serangan yang dibangun Rendy Tamamilang cs membuat Arab Saudi tak berkutik. Arab hanya mampu mencuri poin dari kesalahan-kesalahan tuan rumah. Set kedua kembali menjadi milik Indonesia dengan skor 25-21. 

Di game kedua ini, Indonesia tampil lebih baik. Smes-smes keras dari Rivan dan Rendy sulit diantisipasi para pemain Arab Saudi. Pelatih Samsul mencoba merotasi pemain dengan memasukkan Agung Seganti dan Hernanda Zulfi untuk memperkuat blok di angka-angka kritis. Hasilnya, Indonesia kembali menang. 

Pada game ketiga, Samsul mencoba merotasi pemainnya. Nanda dimainkan sejak awal untuk mengisi posisi Antho. Selain itu, permainan Sigit yang menurun membuat pelatih Samsul terpaksa menariknya dan digantikan Doni Haryono.Dio Zulfikri juga dimainkan untuk menggantikan posisi Aji sebagai pengumpan. Namun, perubahan itu tak membuahkan hasil. Indonesia selalu tertinggal dan akhirnya menyerah dari Arab Saudi. Permainan ciamik yang mereka tampilkan dia dua set awal seolah tak nampak di game ini. Indonesia selalu tertinggal sejak awal babak. Meski sempat mengejar 20-23 di pengujung pertandingan, Indonesia akhirnya tumbang dengan skor 22-25.

Kecolongan di set ketiga membuat laga harus dilanjut ke game keempat. Kedua tim bermain sengit sejak menit awal. Indonesia yang tertinggal 6-8 di TTO pertama, berbalik unggul 16-13 pada TTO kedua. Indonesia sebenarnya sempat unggul 20-15 sebelum ditahan 24-24. Indonesia akhirnya memenangkan set keempat dengan skor 26-24. Pada game keempat, Indonesia diperkuat Rivan, Aji, Rendy, Machfud, Nanda, dan Doni. Sementara posisi libero dipercayakan pada Muhamad Ridwan. Komposisi ini membuat Indonesia kembali bisa mengungguli Arab Saudi. Meski sempat terjadi deuce, Indonesia akhirnya memenangi laga ini. 

"Ini merupakan laga perdana pada kejuaraan kali ini, sehingga masih ada kelemahan, dan akan kami jadikan bahan evaluasi," kata manajer Timnas Indonesia, Nanang Masbudi, dalam keterangan persnya usai laga.

"Sasaran utama pada ajang ini adalah mengambil pengalaman terbaik, untuk modal di SEA Games nanti, dan progres tim selama dua bulan sudah mengarah ke perbaikan," imbuhnya.

Dalam laga tersebut, Rivan Nurmulki layak dinobatkan sebagai Man Of The Match. penampilannya yang luar biasa mampu membuat para pemain Arab Saudi kewalahan dalam memblok serangannya. serangan 3 meter nya pun mampu memberikan poin yang cukup banyak untuk timnas. Doni Haryono yang tampil di set 3 dan empat pun mampu memberikan pengaruh positif untuk timnas. ketika Rendi dan Rivan Kesulitan, Doni dapat keluar menjadi pemecah kebuntuan.

Aji Maulana juga patut mendapatkan kredit pada penampilannya kemarin. umpan-umpannya mampu mengecoh barisan pertahanan Arab Saudi yang memiliki tinggi tubuh diatas rata-rata. 

Sumber : Jawapos.com






Artikel Terkait

Previous
Next Post »