TIM VOLI PASIR PUTERA KALTIM JAGA ASA

Tim kaltim saat melawan Jabar 2

Keinginan tim voli pantai putra Kaltim menembus semifinal PON XIX 2016 masih terjaga. Meski sempat menelan dua kekalahan dari Jawa Timur dan DKI Jakarta, pasangan Subandi dan Muhammad Ihsan mampu mencatatkan nama mereka di babak play off yang rencananya digeber Minggu (18/9) hari ini. 

Kepastian ini diperoleh setelah berhasil menutup babak penyisihan Grup C dengan kemenangan. Menghadapi pasangan dari Jawa Barat 2, Riswanto/Arpan di Lapangan Voli Pantai Arcamanik, kemarin, Ihsan/Subandi menutup pertandingan dengan skor 2-1, (21-19, 17-21, 15-10). Di babak play off, Ihsan/Subandi akan ditunggu pasangan Jawa Tengah 1.

Kendati menang, penampilan keduanya tetap harus dievaluasi. Terutama saat memasuki poin-poin genting. Kemarin, keduanya tampak sering kehilangan konsentrasi ketika memasuki poin krusial. Sempat unggul cukup jauh di set pertama, 14-10, bisa disamakan 16-16. Begitu juga di set kedua. Akibatnya, pasangan Benua Etam ini harus kehilangan set kedua meski sempat unggul 8-6.

Beruntung bagi Kaltim karena Riswanto mengalami cedera. Sehingga lawan tidak bisa tampil maksimal. Pelatih voli pantai putra Kaltim, Arif Sucipto mengatakan, di babak play off, dia meminta para pemainnya untuk tampil lepas. Bekerja all out tanpa melihat hasil. Sebab, peluang meraih kemenangan atas Jateng 1, fifty-fifty. Tinggal bergantung mental bertanding. 

"Kalau dari segi kesiapan teknik dan fisik, saya yakin tidak kalah dengan siapa pun. Termasuk Jateng. Karena materi yang diberikan saat latihan tidak jauh beda. Tinggal mental pas di lapangan. Ini yang paling berpengaruh. Di babak penyisihan grup, kami sudah menghadapi tekanan mental, semoga bisa dijadikan pelajaran sama anak-anak," kata Arif.

Pernyataan senada juga dilontarkan Ketua KONI Balikpapan Roy Nirwan. Di babak play off, pemain Kaltim harus tetap tampil maksimal dan konsentrasi penuh. "Saya mendapat info kalau atlet kita kalah jam terbang. Tapi, itu tidak boleh jadi alasan untuk tampil jelek. Jadi, besok (hari ini, Red) mereka harus memaksimalkan apa yang dipunyai. Jangan merasa kalah duluan," ungkapnya di sela-sela pertandingan. Roy Nirwan dan beberapa pengurus KONI Balikpapan tampak hadir di sisi lapangan untuk memberi semangat kepada atlet.
Sayang, langkah tim putra tidak diikuti tim voli pantai putri Kaltim. Langkah pasangan Meilinda/Jeni dipastikan terhenti, setelah tumbang empat kali di babak penyisihan Grup DD. Yakni kalah dari Maluku, NTB 2, DKI 2, dan terakhir Jabar 1 dengan skor 0-2. 

Voli Pantai Babak Play Off, Minggu (18/9) Hari Ini 
Kategori Putra:
Kaltim (Insan/Subandi)  vs Jawa Tengah 1 (Fauzi/Bagus)
DKI Jakarta 1 (Epi/Gunawan ) vs NTB 2 (Edy/Wendy)
DKI Jakarta 2 (Satrio/Wisnu) vs Jawa Barat 1 (Egi/Rudy)
Sumatra Barat (Harimas/Refky) vs Bali (Made/I Putu)
Kategori Putri: 
Jogjakarta 1 (Vitria/Yokebed) vs Jawa Tengah 2 (Safaatul/Wulan)
Jawa Barat 2 (Risca/Ratna) vs DKI Jakarta 2 (Clara/Maudilla)
Jogjakarta 2 (Feonika/Septiani) vs Jawa Barat 1 (Normalita/Risa)
Jawa Timur 2 (Nur Atika/Novira) vs DKI Jakarta 1 (Dewi/Violla)

sumber : samarinda.prokal.co.id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »