Ini loh peraturan Dasar Permainan Bola voli

Wasit dalam Permainan Voli .. Fivb.org

Ada beberapa peraturan standar yang diterapkan pada permainan bola voli. Simak yuk..
ATURAN BAKU PERMAINAN BOLA VOLI :

  1. Jumlah maksimal pemain dalam pertandingan resmi bola voli standar Internasional dalam satu tim adalah 10 orang, Kemudian yang boleh bermain di lapangan hanya 6 orang dan 4 orang sebagai pemain cadangan.
  2. Saat pertandingan berlangsung pelatih boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan dan tidak ada batasan jumlah pergantian pemain.
  3. Jika salah seorang atau lebih dari tim satu anggota tim sedang melakukan pertandingan untuk cabang olahraga lain, maka pertandingan tidak akan ditunda.
  4. Dalam pertandingan bola voli jumlah minimal pemain yang boleh bermain di lapangan dalam satu tim adalah 4 orang.
  5. Jika di lapangan dalam satu tim jumlah pemain kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dianggap kalah oleh panitia pertandingan.
  6. Setiap pertandingan bola voli berlangsung harus melewati 3 babak (best of three), Ketika pada babak pertama dan kedua telah dimenangkan oleh salah satu tim maka pertandingan babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
  7. Pada pertandingan bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksmal pada 25 point.
  8. Jika saat pertandingan berlangsung kedua tim mendapatkan poin yang sama di akhir yaitu (24 – 24), maka pertandingan akan ditamabah 2 poin. Tim yang pertama berhasil unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan bola voli.
  9. Tim akan mendapatkan nilai 1 apabila memenangkan permainan saat pertandingan penyisihan.
  10. Jika kedua tim atau lebih memperoleh nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang juara group dan runner-up dari kualitas angka yang didapat dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.
  11. Dalam pertandingan bola voli setiap mengakhiri babak, tim diwajibkan bertukar sisi lapangan. Apabila kedua tim telah mencapai babak ketiga, maka tim yang memperoleh nilai terendah dapat meminta kepada wasit untuk bertukar posisi lapangan. Hal ini hanya dilakukan jika poin telah mencapai angka 13.
  12. Setiap tim boleh meminta waktu time out dan hanya boleh dilakukan 1 kali dalam setiap babak.Wasit memberikan waktu time out hanya 1 menit.


KESALAHAN PEMAIN DALAM PERMAINAN :


  1. Pemain ketika melakukan teknik serve melewati garis lapangan bola voli.
  2. Saat permainan bola voli berlangsung pemain menyentuh garis tengah lapangan lawan.
  3. Bola voli harus dipantulkan tanpa mengenai latai lapangan pertandingan.
  4. Pemain tidak boleh melempar atau menangkap bola voli.
  5. Apabila bola telah keluar lapangan pertandingan, namun masih bisa diambil oleh pemain lain dalam satu tim dan belum meyentuh permukaan lapangan, maka belum dihitung sebagai out.
  6. Pada saat serve dilakukan semua pemain harus berada di dalam lapangan pertandingan.
  7. Apabila pemain memantulkan bola lebih dari satu kali, maka akan dihitung sebagai double foults.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »