MUNGKINKAH TIEN MEI ORANG YANG TEPAT MENANGANI TIMNAS PUTRI INDONESIA

Pelatih Jakarta Elektrik PLN Tien Mei, banyak disarankan untuk memimpin timnas Indonesia di ajang SEA Games nanti. : Juara.net
Manajer Jakarta Elektrik PLN, Heri Hermawan mengaku timnya tak memiliki masalah jika pelatih Tien Mei, melatih timnas voli putri Indonesia. Menurut dia, hal itu sah-sah saja.

Tien Mei sukses membawa Jakarta Elektrik meraih juara Proliga 2017. Mereka mengalahkan Jakarta Pertamina Energi pada final di GOR Amongrogo, Minggu (23/4/2017).

Ini adalah gelar ketiga beruntun yang diberikan Tien Mei kepada Jakarta Elektrik. Sebelumnya, pelatih asal Tiongkok itu mempersembahkan gelar 2015 dan 2016.


Kesuksesan tim voli putri Jakarta Elektrik PLN menjuarai Proliga 2017 sedikit banyak ditentukan tangan dingin pelatih Tien Mei. Pelatih asal China yang sering dipanggil “Kak Mei” oleh para pemainnya itu ibarat sudah tahu sisi-sisi terdalam Berlian Marsheila dan kawan-kawan.

Minggu (23/4) di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Tien Mei memandu tim asuhannya memenangi grand final melawan Jakarta Pertamina Energi. Pada laga yang harus diselesaikan lima set, Elektrik PLN menang 3-2 (25-20, 24-26, 25-22, 18-25, 15-11).

"Tien Mei sudah beberapa tahun pegang Elektrik. Dia sudah tahu karateristik pemain Indonesia, sudah tahu pemain Indonesia, dan sangat tahu dengan manajemen kita. Jadi tidak ada kecanggungan. Jadi Tien Mei sosok yang dibutuhkan tim," kata Heri.

SEA Games rencananya akan digelar pada 19 sampai 31 Agustus 2017. Pada SEA Games 2015 lalu, timnas voli putri Indonesia meraih medali perunggu.

"Tien Mei cocok kalau pegang timnas. Dengan Jakarta Elektrik, kontraknya selesai bulan Mei. Lalu Agustus ada SEA Games. Kami tidak keberatan, kalau untuk negara tidak," tambah Heri.

Sentuhan personal Tien Mei menjadi salah satu kunci kejayaan Elektrik PLN. Setidaknya itu diungkapkan dua pemain tim ini, Berlian Marsheila dan Dian Wijayanti.

Sheila, panggilan akrab Berlian, menuturkan, semalam sebelum final, atau tepatnya Sabtu malam, Tien Mei memanggil seluruh pemainnya satu per satu. Menurut Sheila, itu selalu dilakukan sang pelatih sebelum laga puncak.

“Waktu itu saya ditanya, apa yang kamu rasakan, kamu ingin apa? Jujur, saya bilang, saya ingin juara lagi sehingga bisa tercatat sebagai pengoleksi tiga gelar juara berturut-turut,” kata Sheila pada Minggu malam, sesuai laga final.

Terhadap keinginannya itu, Tien Mei, seperti dituturkan Sheilla, mengingatkan bahwa jalan menuju juara kali ini tidak mudah. “Salah satunya karena Pertamina Energi juga ingin juara setelah tahun lalu kalah di final, juga oleh kami. Selain itu, sejumlah pemain juga cedera dan sakit di tengah Proliga berlangsung,” tutur libero Elektrik PLN itu.

Ihwal sentuhan personal Tien Mei ini juga diungkapkan Dian Wijayanti. “Kak Mei hebat sebagai pelatih. Karena dia bisa memahami kami yang atlet voli perempuan ini, mungkin karena Kak Mei juga perempuan. Jadi, bisa tahu pemain-pemain ini lagi gak enak hati, mood-nya lagi jelek, lagi berantem sama pacar, itu Kak Mei tahu,” ujar Dian yang berusia 23 tahun.

Tien Mei sendiri, meski dikenal bawel saat melatih, bisa menjadi sangat tenang di tengah pertandingan. Ketika memandu tim asuhannya menjalani laga final Minggu lalu, misalnya, wajahnya terlihat santai, sembari sesekali berdiskusi dengan asisten pelatih, Abdul Munif.

“Sebelum set kelima saya minta pemain buka hati, tidak usah berpikir menang atau kalah. Yang penting bermain voli dengan senang, tetapi jangan sampai kehilangan konsentrasi. Mau pukul keras, ya, keras saja, jangan takut. Servisnya out, ya, sudah gakpapa. Yang penting main berani,” tutur Tien Mei.

Kesuksesan Elektrik PLN dilengkapi terpilihnya Tien Mei sebagai pelatih terbaik, serta Aprilia Manganang sebagai pemain terbaik.

Pelatih Timnas Putra

Di bagian putra setali tiga uang. Jakarta Pertamina Energi yang tampil sebagai juara juga menempatkan pelatihnya, Putut Marhaento, sebagai pelatih terbaik. Adapun kapten Pertamina Energi, Agung Seganti, dinobatkan sebagai pemain terbaik.
Putut Marhaento saat menangani Jakarta Elektrik PLN :PLNTV
Pelatih tim voli putra Jakarta Pertamina Energi Putut Marhaento juga mengutamakan faktor mental saat grand final melawan Palembang Bank SumselBabel. Pertamina Energi menang dengan skor 3-0 (26-24, 25-15, 25-12). “Beberapa pemain bilang ke saya, terutama pemain muda, katanya mereka grogi. Saya tanya balik, kenapa grogi? Apa karena banyak penonton? Saya katakan, kalau pertandingan yang nonton banyak, kan, harusnya malah senang,” katanya.

Selama melatih Agung Seganti dan kawan-kawan di Proliga, Putut mengutamakan soliditas tim. Soliditas itu salah satunya dengan memastikan filosofi tim “tanpa bintang” di Pertamina Energi.

Oleh karenanya, meski di tim asuhannya ada pemain asing, yakni Alexander Minic dan Paul Richard Sanderson, di mata Putut semua pemain punya tanggung jawab yang sama.


“Minic dan Sanderson juga pernah kalah kalau latihan melawan tim cadangan. Ya, saya ingatkan juga kalau mereka ada kesalahan. Tim yang bagus juga harus dibentuk dari tim cadangan yang bagus. Kalau tim cadangan kurang bagus, tetap berdampak pada penampilan,” kata Putut. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »