Fakta-Fakta Yang Wajib Kamu Tahu Tentang Bola Voli

Olahraga Bola Voli Sangat Populer di Indonesia
Bola Voli merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang suka olahraga bola voli.

Bicara soal voli, ada beberapa fakta seputar voli yang harus teman-teman ketahui, Berikut fakta-fakta tentang bola voli :
1. 1895
Olahraga voli baru diperkenalkan tahun 1895 oleh Pal William G. Morgan. Saat itu, olahraga ini dinamai mintonette. Namun, namanya diubah menjadi voli

Permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.

2. Paling Digemari No. 2 Di Indonesia
Usia olahraga voli memang tidak setua sepak bola. Namun, olahraga ini banyak Penggemarnya. Bahkan, di Indonesia penggemar olahraga voli menduduki posisi kedua setelah olahraga sepak bola. 
Di Indonesia, Bola voli merupakan olahraga yang paling banyak dimainkan oleh rakyat Indonesia. selain karena tidak membutuhkan lapangan yang luas, bola voli juga merupakan olahraga yang murah dan peraturannya tidak terlalu ribet seperti basket.

Menurut data, ada 800 juta orang di seluruh dunia bermain voli setiap minggu.

3. 1900-an
Bola voli dengan desain yang spesial baru dibuat pada tahun 1900. Permainan voli pantai antar laki-laki pertama kali dimainkan pada tahun 1930.

4. Olahraga Olimpiade
Kejuaraan voli dunia untuk laki-laki pertama kali diadakan pada tahun 1949. Kalau kejuaran voli dunia untuk perempuan pertama diadakan pada tahun 1952. Di tahun 1964, voli dijadikan salah satu olahraga Olimpiade.

5. Perubahan Poin
Dulu permainan bola voli biasanya berhenti di poin 15 dengan perpindahan bola tidak menghasilkan angka, namun saat ini, poin satu set dalam olahraga voli ini menjadi 25 dengan sistem rally point.

Dalam satu babak permainan, para pemain voli bisa melompat hingga 300 kali bahkan lebih.

Itulah beberapa fakta seputar voli. Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang akan diadakan di Asian Games 2018 di Indonesia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »