Inilah 5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Diambil Dari Bola Voli, Sebarkan

Para pemain Proliga 2018 harus berusaha keras untuk mencapai hasil maksimal.
Bola Voli adalah sebuah olahraga tim yang membutuhkan kerja sama untuk mencapai kemenangan. Namun dari olahraga bola voli juga kita bisa mengambil beberapa pelajaran hidup dan manfaat yang tentunya sangat bermanfaat untuk kita di masa depan.

Dengan olahraga bola voli kita bisa mengasah kemampuan berkomunikasi, menambah persahabatan, serta menjaga tubuh agar tetap bugar. berikut ini beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari olahraga bola voli :

Kerja Sama Tim
Di dalam olahraga bola voli, tidak ada yang namanya ‘aku’, yang ada adalah ‘kita’. Setiap  individu pemain memiliki peran yang spesifik dan penting. Libero dan defender sebagai penahan serangan lawan, setter atau tosser bertugas mengatur serangan, dan spiker melakukan serangan.

Setiap posisi saling membutuhkan dan tidak akan bisa berdiri sendiri. Seperti di kehidupan kita pun, sesukses apa pun kita, pasti bukan murni karena kemampuan kita sendiri. Akan selalu ada orang-orang di belakang kita yang mendukung dan memberikan support kepada kita sampai berhasil, atau ketika kita gagal.

Usaha Tidak Menghianati Hasil
Untuk menjadi juara, sebuah tim diharuskan melakukan latihan yang berat dan konsisten. Jika kita menginginkan hasil terbaik, tentu harus dibarengi usaha yang keras juga. Tidak ada kesuksesan yang hanya mengandalkan kemampuan tanpa perlu berlatih lagi.

Lapangan voli dipisahkan oleh net bukan tanpa alasan. Ini menandakan bahwa hasil dari suatu pertandingan ada di tangan kita. Kita hanya bisa mengendalikan sisi lapangan kita dan hasilnya tentu tergantung dari usaha yang kita berikan. 

Percaya Diri
Kepercayaan diri sangatlah penting untuk bisa mencapai hasil maksimal. Walaupun kemampuan kita sangat mumpuni, tapi kalau kepercayaan diri sudah runtuh maka seluruh kemampuanmu akan tidak bisa keluar dengan maksimal. Saat bermain di lapangan, tentu akan ada orang-orang yang mengalihkan konsentrasi kita. Baik itu supporter kita, mau pun dari pihak lawan. Akan ada juga teman satu tim yang justru ingin menjatuhkan kita. Di dalam mau pun di luar lapangan, kita harus selalu yakin akan kemampuan diri kita. Kita akan bisa sukses kalau kita percaya kita bisa.

Pikiran Negatif = Hasil Negatif
Ketika kita berpikir kita tidak bisa, maka kenyataanpun akan mengikuti arah pikiran kita. maka ketika akan bermain, selama bermain kita harus menjauhkan pikiran negatif yang membayangi dengan cara fokus pada pertandingan dan percaya pada kemampuan diri sendiri.
Menurut banyak pelatih voli, olahraga ini adalah 10% skill dan 90% permainan mental. Kalau bola yang kita pukul menyentuh net, jangan langsung pesimis. Belajar dari kesalahan, move on, dan sebisa mungkin jangan mengulanginya. Di kehidupan nyata pun begitu.

Jangan Cepat Puas
Banyak pemain voli yang merasa sudah paling hebat dan jago sehingga kadang-kadang menganggap remeh orang yang belum bisa bermain. terkadang mereka cemberut apabila dalam timnya ada teman yang melakukan kesalahan. pemain seperti inilah yang harus ditendang dari tim untuk kestabilan permainan tim.

Jangan pernah merasa cepat puas. Apalagi sampai di level kesombongan. Sehebat apa pun kita dalam sesuatu, selalu ada ruang untuk perbaikan. Selalu berusaha untuk jadi lebih baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »