TIM PELATDA PON JABAR JALANI PEMUSATAN LATIHAN DI JEPANG



 
Tim PON Jabar di Jepang. Sumber : IG Amalia fajrina

Tim bola voli indoor putri pelatihan daerah (pelatda) Jawa Barat, yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, Telah bertolak ke jepang pada Hari Jum'at 15 Juli 2017 kemarin, untuk uji tanding. Pelatih tim bola voli indoor pelatda Jabar, Risco Herlambang, mengatakan timnya akan berada di Jepang hingga 26 Juli 2016 untuk pemusatan latihan.

Di Jepang, mereka juga akan bertanding melawan sejumlah tim kuat Jepang dalam serangkaian uji coba. “Atlet yang diberangkatkan ke Jepang berjumlah 11 orang dari 12 atlet yang tergabung dalam tim bola voli putri indoor ,” kata Risco. Seorang atlet , Tyas 'Dewi' Dwigantria, tidak berangkat karena  harus menyelesaikan pelatihan di tempat kerjanya.

Risco berharap pemusatan latihan dan uji coba di Jepang dapat menggenjot kemampuan teknik dan mental para atlet. Jepang dipilih karena memiliki banyak tim bola voli tangguh dengan teknik dan mental bertanding terbaik se-Asia. Mental seperti inilah yang dibutuhkan tim bola voli indoor putri Jabar untuk meraih target emas, sekaligus mempertahankan status sebagai juara bertahan. Dalam PON XVII/2012 di Riau, tim indoor putri Jabar hanya menang tipis atas musuh bebuyutannya, Jawa Timur, di partai final. 


Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jabar, M.Q. Iswara, mengakui beban terberat berada di pundak tim voli putri. Namun dirinya berharap tim putra indoor, serta tim bola voli pasir putra dan putri, juga memberikan kemampuan terbaik mereka untuk menambah koleksi medali.

Tim indoor putra sendiri akan berangkat ke Jawa Tengah pada pekan terakhir Juli, sedangkan tim bola voli pasir putra dan putri akan melakukan uji coba ke Bali pertengahan bulan ini juga.

Kabar  dari tim indoor putri Jabar, PBVSI Jabar akhirnya tak memasukkan nama mantan kapten tim Jabar, Novriali Yami, dalam skuad. “Kendalanya di instansi tempat Novriali bekerja, tidak memungkinkan dia bermain untuk Jabar," kata Iswara.

Iswara mengakui,  Novriali memiliki kemampuan menerima bola (receive) yang belum tergantikan hingga saat ini. Novriali masih berstatus sebagai atlet Jabar, sehingga jika akan memperkuat tim provinsi lain, ada prosedur yang harus ditempuh Novriali terlebih dulu.
Novriali saat ini sedang menjalani latihan dan persiapan untuk memperkuat tim bola voli indoor putri kontingen Papua Barat dalam PON XIX.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »