TIPS MENCARI SEPATU VOLI YANG COCOK UNTUK ANDA


Memilih sepatu voli memang gampang-gampang susah, terkadang kita hanya terpukau dengan modelnya saja tanpa melihat kegunaannya. Untuk itulah, ada beberapa cara dan pertimbangan ketika kita ingin memilih sepatu voli.
 
Dulu, sepatu voli lapangan indoor hanya memiliki bantalan dasar karet dan bentuknya sederhana. Namun di zaman sekarang kita berada di era baru sepatu voli. Kemajuan teknologi dikombinasikan dengan penelitian yang berlangsung terus menerus telah menjadikan sepatu voli sesuatu yang modern dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tekhnologi sepatu voli. Dengan begitu banyak merek dan gaya untuk memilih sepatu yang sempurna untukmu, dan bisa menjadi sesuatu yang sulit dalam memilih sepatu yang cocok dengan karakteristik bermainmu.

Memilih sepatu adalah pilihan pribadi, namun tidak semua gaya sepatu akan bekerja maksimal untuk semua orang. Tapi alangkah baiknya bila kita mengetahui beberapa karakteristik kunci dari sepatu voli yang dapat membantu Anda dalam memudahkan pencarian sepatu voli yang cocok bagi kaki anda.

Berikut adalah empat karakteristik utama yang harus dimiliki oleh sepatu voli yang bagus dan berkualitas.

Bantalan/alas – Sebuah sepatu harus memiliki bantalan yang nyaman, terutama jika Anda bermain setiap hari atau bermain sepanjang hari dalam sebuah turnamen. Jika sepatu voli Anda tidak nyaman, kaki Anda akan akan terasa lelah, atau sakit yang  dapat membuat pemain merasa capek jauh lebih awal pada saat bermain dari pada biasanya, dan menyebabkan pemain tampil tidak dalam performa optimal.

Stabilitas - sepatu voli yang bagus memiliki fitur untuk menunjang stabilitas di segala arah seperti - kanan, kiri, depan, belakang, atas, dan bawah - Anda tidak pernah tahu ke mana bola akan bergerak membawa Anda, Inilah sebabnya mengapa Anda tidak bisa memakai sembarang sepatu untuk bermain di lapangan. Sepatu lari biasa / running, memiliki stabilitas yang besar untuk gerak maju, namun sepatu jogging tidak memiliki sesuatu yang dibutuhkan jika Anda harus bergerak dari sisi lapangan yang satu ke sisi lainnya, dan bisa meningkatkan kemungkinan cedera pada pergelangan kaki. Memang sepatu voli tidak akan melindungi Anda 100% dari cedera pergelangan kaki. Namun, sepatu yang memiliki stabilitas bagus akan membantu mengurangi kemungkinan cedera.

Breathability / sirkulasi - Berarti seberapa baik sepatu menjaga kaki Anda tetap dingin dan kering sementara tubuh Anda bekerja dan berkeringat banyak. penempatan secara tepat bahan mesh dan ventilasi memungkinkan aliran udara ke dalam sepatu ketika anda bermain. Jadi, carilah sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik, agar tetap nyaman ketika anda bermain. 

Ringan – beberapa perusahaan merek sepatu voli saat ini, melakukan pekerjaan yang besar untuk menyeimbangkan kebutuhan untuk sepatu menjadi tahan lama dan juga tetap ringan. Pastinya Anda tidak mau bermain memakai sepasang sepatu yang berat dan membuat Anda tidak nyaman ketika Anda melompat atau berlari. Anda perlu sepatu yang merespon setiap gerakan Anda dengan cepat! Itulah sebabnya sepatu voli selalu dibuat menjadi seringan mungkin tanpa mengorbankan stabilitas, daya tahan dan fitur lainnya.

Sebagai pengingat : sepatu voli membutuhkan empat kualitas seperti yang disebutkan di atas, tetapi dalam berbagai tingkatan tergantung pada merek dan gaya. Tergantung pada karakteristik apa yang Anda butuhkan dan sesuai bagi kaki anda.  

Jika bantalan dan stabilitas yang lebih penting bagi Anda, ASICS dan Kaepa adalah merek untuk Anda karena mereka cenderung lebih fokus pada bantal dan stabilitas. 

Namun Mizuno dan Adidas selalu berusaha untuk membuat sepatu mereka memiliki ventilasi dan ringan dipakai, jadi jika karakteristik menarik bagi Anda, ambilah salah satu merk tersebut.

Dibutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar karet bawah dalam memilih sepatu voli. Ada banyak fitur lain yang masing-masing merk memiliki gaya berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa deskripsi produk ketika akan membeli sepatu. Tidak ada yang namanya sepatu "buruk" atau "salah", karena ada sepatu yang ditawarkan di luar sana untuk semua orang, namun kita sebagai pemakai harus jeli melihat karakter bermain kita sendiri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »