BVN SINDO REPOTKAN SURABAYA SAMATOR

Mahfud Nurcahyadi melakukan smash saat melawan BVN SIndo Batam
Surabaya Bhayangkara Samator mengakhiri perjalanan putaran pertama Proliga 2017 dengan manis. Kemenangan atas Batam Sindo BVN dengan skor 3-1 (25-15, 21-25, 25-17, 25-23) pada pertandingan penutup Seri III di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Minggu (13/2) sekaligus memastikan Samator menjadi juara putaran pertama dan berhak atas hadiah Rp 15 juta.
Kemenangan itu membuat Samator menjadi satu-satunya tim putra yang sukses menyapu bersih kemenangan dalam lima pertandingan selama putaran pertama. Tim asuhan Ibarsjah Djanu Tjahjono ini pun cuma kehilangan satu poin dari total 15 yang mungkin diraih akibat cuma menang 3-2 saat menghadapi Jakarta Elektrik PLN, kemarin (11/2).
Meski berhasil merebut total 14 poin dan tak terkalahkan hingga Seri III di Batam, Mahfud Nurcahyadi dan kawan-kawan masih memiliki pekerjaan rumah yang tak sedikit. Pasalnya, BVN yang berstatus tim juru kunci klasemen, ternyata mampu menyulitkan Samator pada pertandingan semalam.
Setelah mampu unggul cukup jauh pada set pertama 25-15, Samator dipaksa takluk pada set kedua dengan skor 21-25. Beruntung, mentalitas pemegang mahkota juara Proliga 2016 ini membuat dua set setelahnya sukses direbut meski lewat pertarungan sengit dengan skor 25-17 dan 25-23.
"Set kedua dan keempat pemain kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Servis dan receive kami membuat lawan mendapatkan poin. Saya hitung, kami kehilangan 14 poin pada set kedua," sesal Ibarsjah seusai pertandingan.
Sementara bagi BVN, keberhasilan menyulitkan Samator membuat kepercayaan diri mereka menghadapi putaran kedua sedikit terangkat. Bahkan, pelatih BVN, Rudi Iskandar sesumbar timnya sejatinya bisa saja memenangi pertandingan.
"Alhamdulillah permainan kami sudah ada peningkatan. Sebenarnya kami bisa menang kalau anak-anak lebih tenang. Merek mau cepat-cepat menyelesaikan pertandingan pada set keempat," urai Rudi mengomentari pertarungan ketat pada set keempat.
Di pertandingan lain, Palembang Bank SumselBabel berhasil mengamankan posisi ketiga klasemen setelah menang atas Jakarta Elektrik PLN dengan skor telak 3-0 (25-18, 25-20, 25-23), di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Batam, Minggu (12/2).
Tidak tampilnya pemain asing Elektrik PLN yang sedang sakit membuat Bank SumselBabel leluasa menguasai pertandingan sejak set pertama. Alhasil, tim asuhan Samsul Jais ini sukses merebut kemenangan ketiga sekaligus menutup putaran ketiga dengan koleksi 8 poin.
"Sejak awal, kami yakin secara head to head individu, pemain kami unggul. Kami sudah memperkirakanmenang. Tp saya tekankan jangan terlalu percaya diri. Terbukti, pertandingan berjalan imbang. Angka pun saling susul," bilang Samsul Jais mengomentari jalannya laga.
Elektrik PLN, dengan kekalahan ini, harus puas berada di urutan kelima klasemen akhir putaran pertama dengan koleksi 5 poin. "Kami kehilangan pemain asing yang cedera. Dia leader tim. Tapi itu seharusnya bukan kendala. Siapa pun pemain harus siap. Tapi Bank SumselBabel bermain bagus. Ke depannya, kami harus belajar kebersamaan lagi. Mudah-mudahan pada putaran dua dia bisa main lagi," tutur Pelatih Elektrik PLN, Victor Laiyan.
Putaran kedua Proliga 2017 akan dimulai di GOR Tri Dharma, Gresik, pada 3-5 Maret 2017. Samator akan memulai petualangan pada Seri IV ini dengan menghadapi Pertamina Energi, Sabtu (4/3), dilanjutkan bersua Bank SumselBabel, Minggu 5/3). Sementara, Elektrik PLN akan membuka putaran kedua dengan bersua BVN. Setelah itu, BVN akan berhadapan dengan Jakarta BNI Taplus pada Sabtu (4/3).

Artikel Terkait

Previous
Next Post »